About

Assalamu’alaikum wrwb,
Nama Bayu Waseso, M.Kom, CIPMP, dosen tidak tetap LP3I Depok sejak dari tahun 2003 (waktu itu LP3N), mengajar matakuliah SIM, Analisa Perancangan Sistem, Perakitan Komputer, Manajemen Proyek, Animasi Grafis Flash, termasuk melakukan bimbingan AP sejak tahun 2004 hingga kini selain AP juga memberi bimbingan TA untuk Poltek. Selain itu juga memberikan sidang sejak angkatan 1 mahasiswa IT LP3N awal (2003-2004). Saat ini hanya bisa memberikan materi kuliah pada hari Sabtu-Minggu. Selain di LP3I Depok, pernah mengajar di LP3I Ciputat, LP3I Ps Minggu, LP3I Pondok Gede, dan LP3I Caringin.

Menjadi dosen tetap di STMIK  Eresha, sejak tahun 2011, untuk beberapa mata kuliah antara lain OOAD, Web Technology, Software Engineering, IT Infrastructure.

Sebagai dosen tidak tetap di Universitas Bhayangkara Jakarta, untuk matakuliah Keamanan Komputer, Kecerdasan Buatan, Jaringan Komputer, GIS, dan Struktur Data.

Untuk diskusi dan bertanya bisa melalui sarana berikut ini:
Email: bwaseso@gmail.com
YM ID: bywes

Semoga membantu dan bermanfaat,…

Wassalamu’alaikum wrwb

  1. April 9, 2008 pukul 05:59

    Dan saya, siswa pak dosen yang selalu mengganggu dan membuat kesal pak dosen…seperti, keluar kelas ..lamaaaa banget mpe ga masuk2 lagi…..hehehehe…maaf ya pak,

    awal dapet pelajaran SIM, jujur saya sempet bingung juga…
    SIM ini buat apa sih nantinya..??? yaach, ga cuma saya aja.. temen satu kelaspun juga pada bingung…maklum…kadang2 nge-BT-in…hehehe…

    tapi setelah mulai bikin2 AP, naahh….disitu gunanya…buat analisa alur sistem informasi perusahaan atau objek yang kita teliti…kita belajar menganalisa alur sistem mulai dari proses awal sampai proses selesai….wuihh, ribet coy..!!!

    bikin flowchart,, gambar sistem,,hubungan antara masing2 gimana… waaahhhhhh,,,,,,, *(&(**&^*&%!$!&**(*(^)

    buat bapak, yang sabar ya kalo mulai dari awal ngajar nanti mungkin ada yang punya perasaan kayak saya gini,,, mungkin ini cuma sesaat, tapi nanti juga mereka berubah setelah tahu pentingnya mata kuliah ini,,,saya jamin 101%..

    maaf udah banyak banget nulis2 komentar yang mungkin ga terlalu penting…yaa saya cuma iseng2 aja kok…hehehhe

    thanks,

  2. bwaseso
    April 9, 2008 pukul 12:15

    Itu dulu juga saya alami, dan hal ini yang coba saya ingatkan ke mahasiswa lain, agar jangan melakukan hal seperti itu, karena nantinya akan menyesal … karena tidak memperhatikan dengan betul apa yang diberikan oleh Dosen.

    Mungkin karena bosen kali ya dengan suasana, oleh sebab itu kadang saya lebih suka untuk memberikan pengalaman yang saya punyai terkait dengan mata kuliah yang di ajarkan.
    Diharapkan dengan membagi pengalaman yang sama dengan materi ini dapat memberikan gambaran nyata kira-kira penerapan mata kuliah ini di lapangan seperti apa sih…. gitu

    Karena kalo sudah bekerja nantinya untuk belajar itu jauh lebih berat loh… bener ngak?

  3. firmansyah
    April 10, 2008 pukul 12:25

    Pak Bayu, sebelumnya saya mohon maaf walaupun bukan hari raya idul fitri. karena meminta maaf hal yang wajib dilakukan jika kita merasa memiliki kesalahan.

    saya berpedapat gak jauh beda seperti apa yang dikatakan oleh wahyu. karena selama pelajaran bapak saya tidak begitu paham. dan kalau bapak bertanya kepada kami (masiwa/i) “ada yang mau ditanyakan????” bukannya saya tidak mau bertanya, tapi saya bingung apa yang mau saya tanyakan…. karena saya tidak begitu paham. walaupun saya sudah berusaha untuk memperhatikan apa yang bapak berikan di kelas.

    dan saya berharap sidang AP nanti tidak di uji sama bapak atw pak rolis. karena saya belum begitu siap untuk ditanya oleh bapak berdua… tapi kalau saya dapetnya sama bapak bedua mau gimana lagi…. saya mau gak mau harus siap..
    semoga smua b’jalan lancar.

    tkx,….

  4. April 19, 2008 pukul 03:51

    Ini Pak Bayu yang sekarag di PT LG NS Indonesia bukan ya ?
    Apa kembarannya😀 ?

  5. bwaseso
    April 19, 2008 pukul 06:15

    kembarannya :))

  6. dhiwa
    September 27, 2008 pukul 04:17

    ass.
    btw anyway busway mengenai pelajaran SIM
    saya c paham2 aja awal’a.

    tp sepertinya pelajaran ini seperti dah pernah saya pelajari di semester pertama, nm dosennya pa Ade dulu dy dosen PA TI32. sekarang dah keluar.

    saya tdk bermaksud meremehkan
    tp pak apa penjelesan2 pada pelajaran SIM ini ap semua’a tentng dasar2yg amat mendasar?
    jd maksud saya, bs g pa mt kuliah ini pd saat jm kul’a tdk tlalu serius dgn pelajaran’a? kita ttp pd jalur pendidikan’a ttpi krn pelajaran ini full materi tolong jgn tlalu serius dlm pengajaran’a. krn bs bikin mengantuk dan cpt bosen. nnti yg ada malah g ada yg masuk pelajaran’a pa.

    krn dimana2 yg nm’a mt kul materi itu semua’a bikin bosen. klo ada selingan tawa min bs menghilangkan ngantuk. trus jk bs dlm penjelasan mengunakan istilah2 yg humoris. saya rasa akan lbh mudah d pahami, dari pada yg ilmiah. krn bhs yg ilmiah akn lbh sulit di pahami apa lagi bagi yg br mengenal mt kul SIM.

    klo ad kata2 tidak enk di atas. saya harap bapak mau memaafkannya.

    • Bayu Waseso
      Desember 6, 2008 pukul 04:02

      Materi SIM ini, memang terjadi dual fungsi, di D2 sudah pernah di dapatkan, kemudian untuk Poltek pun mendapatkan lagi, disamping itu pun materi SIM itu sendiri sebenarnya luas untuk di bahas.
      Untuk membuat materi yang lebih “down to earth” sesuai dengan keinginan mahasiswa tentunya di perlukan timbal balik, jadi ada masukan dari mahasiswa, kira-kira materi atau hal yang kurang baik bisa di sampaikan. Demikian juga materi akan lebih menarik bila mana ada umpan balik dari ke dua belah pihak (dosen dan mahasiswanya).

      Kuliah materi itu memberikan dasar pengetahuan, bilamana materi praktek tidak di imbangin dengan pengetahuan materi maka prakteknya nanti akan tidak bisa melakukan sesuatu.
      Ndak bikin bosen kalo kita bertanya, kalau diam saja pasti bosen, berinteraksilah dengan dosen, dengan melakukan interaksi bertanya, maka rasa bosen akan hilang, sebaliknya akan nambah pengetahuan. Kan dosen bukan dewa yang tahu segalanya, jadi dengan bertanya maka kebutuhan pengetahuan apa yang diinginkan mahasiswa akan bisa di penuhi.

      Demikian penjelasan saya,.. semoga bermanfaat…
      buat suasana kelas yang enak lah dengan adanya interaksi dari ke dua belah pihak…
      Tapi terima kasih masukkannya, akan saya perhatikan dengan baik dan pada masa depan bisa lebih baik lagi ngajarnya.

  7. ady
    Desember 16, 2008 pukul 09:29

    assalamualaikum wr.wb

    ahlan wasahlam pak bayu..
    gimana kabarnya sekarang?
    maaf yach pak klo selama pembuatan AP dan TA saya dan teman2 banyak mengganggu dan merepotkan bapak dan keluarga..
    tapi berkat kesabaran bapak, kami semua berhasil dalam menyelesaikan AP dan TA hingga sekarang ini sudah berhasil menjadi sarjana muda (D3)
    dan ilmu yg bapak berikan ternyata sangat bermanfaat untuk kedepannya, baik dalam bekerja maupun untuk urusan lainnya..😀
    dan tolong beri komentar mengenai blog saya..
    http://3dhy.blogspot.com

  8. Januari 20, 2009 pukul 10:07

    ass….pa saya gk ngerti liat documen ya….dimana saya dh coba tpi gk keluar.2….!!!!!tolong dong pak……

  9. Oktober 11, 2010 pukul 07:52

    Pak, apa kabar? mampir dong ke http://tjokiest.wordpress.com

    Stanley.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: