Beranda > AP, TA Poltek > Petunjuk Penulisan AP dan TA

Petunjuk Penulisan AP dan TA

Kalau dilihat dari file yang di kirimkan untuk di periksa, rasanya perlu di tingkatkan lagi nih kemampuan melakukan pengolahan kata di MS. Word nya.
Berikut ini di berikan tips-tips untuk melakukan pengaturan di MS. Word.

  1. Format dokumen, sesuai petunjuk buku pedoman penulisan, langsung di set ke kertas A4
  2. Lakukan pengaturan marjin, kiri 4 cm, atas, bawah dan kanan 3 cm
  3. Sampul depan terdiri
  • halaman judul, dgn logo LP3I hitam putih, bukan logo LP3I berwarna. Ada bedanya berupa tanda lingkaran di atas huruf I, setelah menuliskan halaman judul, lakukan Insert > Pagebreak (next page). Ini artinya melakukan pemisahan antara halaman judul dengan halaman selanjutnya. Ini yg dikenal dengan section. Maksudnya kita bisa memberikan no halaman yang berbeda antar section. Jadi halaman judul ini tidak perlu di beri no halaman. Coba di klik bagian footernya, nanti akan muncul icon tentang footer, coba klik icon same as previous. Apa artinya? ini berarti me-nonaktifkan no hal yang sama dengan page sebelumnya. Selanjutnya pilih Insert > Page number lagi, lalu lakukan setting ulang no halamannya.
  • halaman pengesahan, surat keterangan perusahaan, katan pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar lampiran akan diberikan no halaman dari i..vii dengan angka romawi. Caranya dengan Insert > page number > format > pilih romawi i, ii, iii, …
  1. Selanjutnya Insert > pagebreak (next page) lagi, untuk memulai ‘Bab I(angka romawi) kemudian shift enter untuk memasukkan kata ‘PENDAHULUAN
  2. Select all (ctrl A) untuk memilih semuanya, tentukan paragraf menjadi 1.5 bukan 2 spasi
  3. Select ‘BAB I PENDAHULUAN’ lalu pilih style di sebelah font dengan Heading 1
  4. Oya untuk font pilih semuanya dengan Arial
  5. Jadi semua judul bab gunakan style: Heading 1,
  6. untuk sub bab berikutnya seperti 1.1. gunakanan Heading 2, dst
  7. gunanya untuk memudahkan update daftar isi
  8. Kembali ke halaman daftar isi, dibawah judul DAFTAR ISI lakukan Insert > Index & Tables… > Table of Content > tekan enter. woila… daftar isi langsung otomatis
  9. Ini bikin hidup lebih mudah, jadi selanjutnya untuk melakukan update daftar isi, tinggal pilih di bagian daftar isi tersebut klik kanan lalu pilih update > entire page …. woila selanjutnya akan terupdate juga halaman-halaman selanjutnya.
  10. Oke selanjutnya, untuk setiap halaman yang ada judul Bab nya perlu kita pisahkan menjadi section yang berbeda, caranya tetap sama yaitu klik di bagian terakhir halaman judul Bab tersebut lalu Insert > page break (next page)
  11. Kemudian double click pada footer halaman berikutnya (setelah halaman judul), nanti akan muncul toolbar melayang, klik icon yang menunjukkan same as previous page, maksudnya untuk menghilangkan kesamaan no halaman dengan no halaman sebelumnya. Artinya bila no hal sebelumnya adalah 1 di tengah, maka no halaman berikutnya 2 di tengah juga. Dengan menonaktifkan icon tsb (non aktif berarti icon tersebut tidak terlihat ter tekan de dalam sedikit) maka format no halaman berikutnya tidak akan sama dengan no hal berikutnya.
  12. masukkan no halaman selanjutnya dengan Insert > Page number > format, pilih format untuk meletakkan no halamana di kanan bawah, berikutnya di pilih format di kanan bawah di bagaian

wah cukup banyak yak… semoga bermanfaat dan di mengerti, dengan begini maka file yang dikirimkan cukup 1 file saja tidak perlu kirim per bab, repot bukanya.

bila masih bingung nanti akan di demo kan di depan komputer di kampus.

Oya jangan lupa untuk
1. Menggunakan bahasa Indonesia jangan sampai tercampur dengan bahasa Inggris, bila ada bahasa Inggris yang tidak bisa di Indonesiakan, di beri garis miring (Italic)
2. Buatlah dalam 1 file saja agar memudahkan pemeriksaan, backup, dan membuat daftar isi otomatis

  1. ady
    Mei 19, 2008 pukul 03:35

    wah thank’s bgt nE pak,,
    dah dksih pnjelasan..
    tpi tetp ajz masih bingung???

  2. bwaseso
    Mei 19, 2008 pukul 16:40

    Masih bingung juga?
    di bagian mananya nih yang bingung
    kalo kurang jelas nanti di kelas kita bahas.
    Pada dasarnya sih, petunjuk di atas untuk memberikan arahan untuk melakukan penulisan AP atau TA, yang sesuai dengan buku Panduan.
    Sekaligus juga memberikan ilmu tentang pengolahan dokumen dengan ms word untuk penulisan AP atau TA secara otomatis dan terstruktur.

    nanti file templatenya bisa di download di waseso.net/lp3i

  3. Mei 21, 2008 pukul 06:29

    Boleh juga nih penjelasan penyusunan TA-nya..
    Saya ngikut petunjuknya ah, walaupun saya ga ikut bimbingan bapak. lumayan biar lebih rapi lagi.. ^_^

    makasih pak..

  4. bwaseso
    Mei 21, 2008 pukul 15:57

    Boleh saja, ini buat semuanya yang memerlukan. Kalau bisa membuat lebih rapih dan sekalian belajar ms. word lebih canggihan dikit kenapa tidak?
    Yang paling penting itu di bagian section, bagaimana membuat section itu, sehingga antar Bab bisa di jadikan 1 file saja tanpa banyak file dengan menerapkan no halaman yang berbeda.
    Dan buat daftar isi otomatis dengan menggunakan Header 1, Header 2, Header 3, dst.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: