Beranda > SIM > SIM Poltek Gabungan

SIM Poltek Gabungan

Kali ini saya mengajar kembali mata kuliah SIM Poltek untuk kelas gabungan yaitu kelas IT dan Sekretaris, setelah UAS ada 2 materi yang di sampaikan yaitu tentang Sistem Informasi Perusahaan dan OA (Office Automation).

Materi tersebut telah saya sampaikan dalam pertemuan minggu terakhir di bulan Maret, karena beberapa kendala terakhir sehingga tidak sempat untuk bertemu kembali pada pertemuan terakhir, hal ini coba saya atasi dengan memberikan tugas untuk para mahasiswa mereview atau menarik kesimpulan terhadap 2 materi terakhir yang telah di ajarkan tersebut. Kira-kira apa sih kesimpulan dari 2 materi tersebut. Silahkan kirim jawabannya di comment blog ini.

Tentunya bagi yang memberikan kesimpulannya akan mendapatkan bonus nilai.

  1. April 9, 2008 pukul 05:31

    Kesimpulan tentang Office Automation dan SI Organisasi yang bisa saya berikan adalah seperti berikut ini :

    Office Automation System ( OAS )
    Otomatisasi awalnya digunakan dalam pabrik dan selanjutnya menyebar dan mulai digunakan dalam perkantoran. Office Automation System (OAS) mendukung pekerja data, yang biasanya tidak menciptakan pengetahuan baru melainkan hanya menganalisis informasi sedemikian rupa untuk mentransformasikan data atau untuk memanipulasikannya dengan cara-cara tertentu sebelum membaginya atau menyebarkannya secara keseluruhan, dengan organisasi dan kadang-kadang, diluar itu.

    • Office Automation mencakup…Sistem elektronik formal dan informal yang berkaitan dengan komunikasi informasi ke & dari orang didalam/diluar perusahaan.
    • Digunakan oleh : manajer, professional, sekretaris, & petugas administrasi

    Tujuan otomatisasi perkantoran (OA) adalah untuk :
    – Membantu kegiatan sekretariat dan karyawan administrasi.
    – Meningkatkan produktifitas.
    – Membantu memfasilitasi komunikasi formal dan informal antar karyawan didalam dan diluar organisasi serta untuk melayani manajer dan profesional sebagai user.
    – Alat pemecahan masalah .
    – Mengurangi penghentian kerja.
    – Pengurangan biaya peralatan .

    Kerugian dari OA :
    Rasa tidak memiliki .
    Takut kehilangan pekerjaan.
    Semangat kerja yang rendah.

    Terdapat 3 faktor pokok menentukan pilihan aplikasi Office Automation sebagai tugas manajer dan juga informasi spesialis yakni :
    1. Tipe organisasi.
    2. Pilihan pribadi.
    3. Sumber daya Office Automation yang tersedia.

    Strategi OA menurut Linda T Erisse :
    1. Menyediakan sumber daya komputer
    2. Menyediakan akses ke sumber daya informasi
    3. Menyediakan perlengkapan non komputer
    4. Penggunaan konferensi telp
    5. Menjadwalkan pertemuan rutin
    6. Lakukan rutinitas kerja

    Office Automation Application :
    • Word processing (1964)
    • Electronic and voice mail
    • Personal and group calendaring
    • Audio, video, and computer conferencing
    • FAX
    • Desktop publishing
    • and others

    Sistem Informasi Organisasi

    • Suatu sistem berbasiskan komputer yang dapat melakukan semua tugas akutansi standar bagi semua unit organisasi secara terintegrasi dan terkoordinasi.
    • Enterprise mencakup seluruh set proses yang dilakukan oleh organisasi.

    Sistem Informasi menurut level organisasi :istem Informasi menurut level organisasi
    LEVEL OPERASIONAL :
    Sistem Informasi Akuntansi
    Sistem Informasi Keuangan
    Sistem Informasi Manufaktur
    Sistem Informasi Pemasaran
    Sistem Informasi Sumber Daya Manusia
    Sistem Pemrosesan Transaksi
    Sistem Otomasi Perkantoran

    LEVEL FUNGSIONAL :
    Sistem Informasi Manajemen
    Sistem Pendukung Keputusan
    Sistem Pendukung Kelompok

    LEVEL MANAJERIAL :
    Sistem Informasi Eksekutif
    Sistem Pendukung Cerdas

    • Sistem Informasi Perusahaan disebut juga sebagai Back Office Systems karena umumnya kurang berhubungan dengan lingkungan di luar organisasi.
    • Data yang tercakup dalam Sistem Informasi Perusahaan adalah data internal bagi organisasi yang penting untuk perencanaan dan pengendalian.
    Pengaruh Sistem Informasi pada Organisasi :
    1. Mengurangi biaya transaksi atau pengeluaran.
    2. Mengurangi biaya intern management perusahaan.
    3. Mengurangi biaya akuisisi dan analisa informasi ( biaya agensi ).

    Demikian semoga sesuai dengan harapan bapak…
    Bila masih ada kekurangan mohon maaf..^_^

  2. April 9, 2008 pukul 05:45

    Btw, website ini bagus juga ya..
    saya jadi punya contoh buat website saya,, mau diapain yach?? mmmmhh..
    kalo kemaren-kemarenkan web saya masih banyak gambar dan animasi,,,sekarang..yach pengen kayak gini aja deh, simpel dan loadingnya cepet..and isinya juga berbobot…

    oya pak, gimana nih CD pesenan saya???
    itu loh, Apple Leopard X-nya…
    sabtu besok bisa dibawain pak??
    udah ga sabar pengen install n merasakan fitur-fitur apple…

    truz, demo installasi di kampus kemarin jadi???
    liat di salah 1 posting bapak, kayaknya mengecewakan ya??
    ga da support dari kampus…

    oke dey, keep posting sir..!!
    make our knowledge more better with your inform..
    thank pak..

  3. April 9, 2008 pukul 06:02

    oya pak….1 lagii…

    di field comment ini sediain link buat browse foto juga donk,,
    kali aja ada yang pengen ngasih foto di commentnya…
    supaya mudah dikenali juga,,,siapa sih yang udah kasi comment…

    itu aja deh,
    thank..

  4. bwaseso
    April 9, 2008 pukul 12:32

    Kesimpulannya jangan ambil dari materi kuliah donk, tarik kesimpulan sendiri

    yang lain jangan seperti ini
    gunakan bahasa sendiri untuk membuat kesimpulan

  5. April 9, 2008 pukul 13:17

    saya belum buat kesimpulan nih…..UTS juga belum ikut nih…..lg sibuk BGT…….UTS dulu deh …….tp buat kesimpulan juga kok

  6. agus
    April 16, 2008 pukul 07:20

    Sistem informasi Perusahaan merupakan sebuah sistem informasi yang dilakukan perusahaan guna memenuhi kebutuhan pasar.
    sistem ini saling terkait anatara satu dengan yang lainnya…
    seperti
    1.Sistem Informasi pemasaran,
    2.Sistem Informasi Sumber daya manusia.
    3.Sistem Informasi sumber daya informasi,
    4.Sistem Informasi keuangan,
    5.Sistem Informasi manufaktur
    dll.
    Dalam pengembangan sistem informasi,diperlukan sebuah data yang akurat dan cepat,guna pengambilan keputusan yang tepat,untuk memenuhi kebutuhan pasar.
    setiap saat kebutuhan masyarakat akan produk tertentu semakin komplek, sehingga dibutuhkan sistem informasi yang bagus untuk pengambilan keputusan yang berkualitas, tepat waktu dan tepat sasaran.
    dan untuk memepermudah pekerjaan.
    informasi cepat dan akurat.

  7. rifki
    April 16, 2008 pukul 07:22

    Proses manajemen dimulai dengan perencanaan,kemudian proses pelaksanaan dan proses pengendalian.
    Pada setiap proses diperlukan informasi yang sebagian dapat dihasilkan oleh SIM. Informasi yang
    dibutuhkan oleh manajemen puncak pada perencanaan strategis lebih banyak berasal dari luar organisasi,
    sedangkan informasi yang diperlukan oleh manajemen tingkat bawah hampir seluruhnya berasal dari atau
    tersimpan didalam organisasi dan sistem informasi manajemen sangat bermanfaat bagi para manager di
    dalam proses pengambilan keputusan.

  8. Agus
    April 16, 2008 pukul 07:27

    Sistem informasi Perusahaan merupakan sebuah sistem informasi yang dilakukan perusahaan guna memenuhi kebutuhan pasar.
    sistem ini saling terkait anatara satu dengan yang lainnya…
    seperti
    1.Sistem Informasi pemasaran,
    2.Sistem Informasi Sumber daya manusia.
    3.Sistem Informasi sumber daya informasi,
    4.Sistem Informasi keuangan,
    5.Sistem Informasi manufaktur
    dll.
    Dalam pengembangan sistem informasi,diperlukan sebuah data yang akurat dan cepat,guna pengambilan keputusan yang tepat,untuk memenuhi kebutuhan pasar.
    setiap saat kebutuhan masyarakat akan produk tertentu semakin komplek, sehingga dibutuhkan sistem informasi yang bagus untuk pengambilan keputusan yang berkualitas, tepat waktu dan tepat sasaran.
    dan untuk memepermudah pekerjaan.
    Dengan adanya sim maka data yang diperoleh cepat dan akurat.

  9. IRZA RESTIANA
    April 17, 2008 pukul 03:57

    Enterprise Information system (EntIS) adalah sistem informasi yang bisa menyatukan semua informasi yang ada di masing-masing bagian. Ada beberapa contoh dari EntIS, adalah:
    1. Enterprise Resources Planning (ERP) yaitu suatu tools IT dan menagement untuk membantu perusahaan merencanakan dan melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, dalam penerapannya biasa digunakanbeberapa software, salah satunya SAP (System Application and Product in data processing) adalah suatu software yang dikembangkan untuk mendukung suatu organisasi dalam menjalankan kegiatan operasionalnya secara lebih efisien dan efektif.
    2. Supply Chain Management (SCM) adalah konsep atau mekanisme untuk meningkatkan produktivitas total perusahaan dalam rantai suplai melalui optimalisasi waktu, lokasi dan aliran kuantitas bahan.
    3. Customer Relationship Management (CRM) artinya bagaimana kita bisa selalu mendapatkan pelanggan baru, meningkatkan hubungannya sehingga mereka puas dengan layanan kita, yang pada akhirnya mereka bisa menjadi pelanggan yang loyal yang kita bisa pertahankan. CRM secara umum digunakan untuk membanatu kegiatan di Sales, Marketing dan Customer Service. Lebih tepatnya, CRM dipakai sebagai sarana penghubung dari suatu perusahaanke pelanggannya. Dengan melalui channel (kanal) yang dikelola dengan baik, kita bisa mendengarkan apa yang diinginkan pelanggan, apa yang mereka keluhkan, bagaimana competitor bertindak terhadap produk/jasa kita, dan berbagai kegiatas promosi.

  10. IRZA RESTIANA
    April 17, 2008 pukul 04:12

    Office Automation adalah cara yang digunakan untuk memaksimalkan kinerja back office dengan cara memanfaatkan/memaksimalkan alat-alat pendukung baik yang berupa computer maupun perangkat keras lainnya. Dalam bidang kesekretarisan ada beberapa Hardware yang dapaat digunakan diantaranya, Komputer, Telepon, Fax, Printer, Media perekam suara, Kamera dan lain sebagainya.

    Untuk automation dengan menggunakan komputer, ada berbagai macam software/aplikasi yang bisa dimanfaatkan diantaranya :
    1. Mempermudah pengarsipan
    2. Mempercepat pengiriman surat atau dokumen lainnya dengan menggunakan Electronic Mail dan pengirimannya pun dapat dijaga kerahasiaannya.
    3. Memudahkan sekretaris membuat jadwal pimpinan dengan menggunakan Ms. Outlook.
    4. Mempercepat dan mempermudah dalam pertukaran informasi baik rahasia maupun tidak rahasia, untuk dikonsumsi umum atau intern perusahaan.
    5. Membuat suatu perencanaan, pelaksanaan dan tujuan/target yang akan dicapai dalam suatu project dengan menggunakan Ms. Project.
    6. Mempermudah sekretaris sebagai moderator dalam pelaksanaan diskusi dengan system Audia Conference antara beberapa orang pada 1 (satu) line telepon.
    7. Penyimpanan data atau dokumen pada computer secara langsung yang dikirimkan dari luar dengan menggunakan fax. Tentunya dengan menggunakan kabel UTP, Software Winfax.
    8. Mengedit gambar yang akan digunakan sebagai pelengkap suatu dokumen atau sebagai bukti authentic dengan menggunakan Adobe Photo Shop atau Corel Draw.
    9. Memudahkan dalam membuat materi presentasi dengan menggunakan Ms. Power Point yang dilengkapi dengan pemutaran video, sebagai bukti real, yang sebelumnya video tersebut diedit dalam suatu software yaitu Ulead atau Flash Media, sehingga dapat menarik perhatian audience.

    Dalam pemanfaatan media computer ini diperlukan perangkat tambahan seperti : Kabel Integration, USB (Universal Serial Bus), UTP (Unshielded Twisted Pair), Kabel Keyboard (PS/2 atau USB), Kabel Monitor, dan lain sebagainya.

  11. Dita Puspita Arini
    April 17, 2008 pukul 07:45

    Kesimpulan mengenai Office Automation dan Sistem Informasi Organisasi menurut saya adalah sbb :
    OFFICE AUTOMATION
    Aplikasi Office Automation (OA)
    Aplikasi OA adalah aplikasi yang akan melakukan otomatisasi proses bisnis yang sebelumnya dilakukan secara manual (document-driven) menjadi otomatis (electronic-driven) sehingga dokumen yang dipergunakan dalam proses bisnis tidak lagi dalam bentuk hardcopy, melainkan dalam bentuk elektronik.
    Secara umum aktivitas-aktivitas yang terdapat pada aplikasi OA dapat berupa:
    • Nota dinas
    • Sistem cuti
    • Perjalanan dinas (travel)
    • Procurement
    Fungsionalitas OA
    Berikut adalah fungsionalitas/fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi OA:
    1. Mengelola dokumen masuk (incoming document)
    Dokumen yang masuk, baik elektronik maupun dokumen fisik (di-scan terlebih dahulu), akan diidentifikasi sesuai dengan pengkategoriannya dan diteruskan sesuai dengan bisnis proses atau alur kerja yang ditentukan.
    2. Mengelola dokumen keluar (outgoing document)
    Aplikasi OA menyediakan template yang terintegrasi dengan MS office bagi user untuk membuat dokumen keluar, seperti nota dinas, cuti, dll. Persetujuan dilakukan secara elektronis dengan digital signature dan time-stamp.
    3. Mengelola dan memonitor perjalanan proses dokumen
    Dokumen berjalan secara otomatis setelah dilakukan persetujuan (approval) oleh SDM yang telah ditentukan otoritasnya.
    4. Mengelola pengkategorian dokumen
    Dokumen yang masuk dan keluar akan selalu dikategorikan agar dapat diidentifikasi dan diteruskan sesuai dengan bisnis proses atau alur kerja yang ditentukan.
    5. Pendelegasian tugas/wewenang
    Memungkinkan pendelegasian tugas/wewenang kepada orang yang ditunjuk pada periode waktu tertentu untuk mempercepat perjalanan proses dokumen.
    Keunggulan OA
    Berikut adalah advantage/keunggulan aplikasi OA:
    1. Dapat beroperasi secara WAN (terhubung mulai dari kantor wilayah sampai ke ranting)
    2. Penyimpanan dan pengaksesan sumber informasi secara real-time online
    3. Open system atau dapat diintegrasikan dengan sistem aplikasi lain, misalnya aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP)
    4. Aplikasi berbasis Web untuk kemudahan akses tanpa dihalangi oleh masalah waktu dan lokasi
    5. Notifikasi dan reminder yang terintegrasi dengan mail system
    6. Terintegrasi dengan form MS Office
    7. Terintegrasi client data source dan server data source
    Keuntungan OA
    Berikut adalah benefit/keuntungan yang dapat diperoleh dari aplikasi OA:
    1. Service Improvement
    Peningkatan pelayanan terhadap pelanggan dan rekan bisnis dapat lebih ditingkatkan karena proses bisnis tidak lagi dilakukan secara manual, melainkan secara otomatis/elektronis.
    2. Revenue Improvement
    Dengan aplikasi OA, kinerja/performansi SDM yang terlibat dalam alur kerja yang terkait dapat dimonitor serta waktu yang dibutuhkan dalam memproses suatu perkerjaan menjadi lebih cepat sehingga konsumen lebih kompetitif dalam menjalankan bisnisnya. Akibatnya akan pula meningkatkan revenue perusahaan.
    3. Cost Reduction
    Aplikasi OA dapat mengurangi biaya penggunaan kertas (paperless) dan beberapa alat-alat kantor lainnya yang masih seringkali diandalkan untuk proses penyetujuan permohonan karena semuanya dilakukan secara otomatis (electronic-driven). Konsumen, dalam hal ini utility company, pun tidak perlu mengeluarkan biaya investasi karena semua perangkat dan local support disediakan oleh ICON+.
    4. SDM Improvement
    SDM dapat lebih fokus pada proses bisnis, bukan pada bagaimana mengarsipkan dokumentasi. Konsumen juga dapat lebih berkonsentrasi pada core bisnisnya karena operasional dan maintenance OA menjadi tanggung jawab ICON+.
    SISTEM INFORMASI ORGANISASI
    Sistem Informasi organisasi adalah suatu sistem yang berbasiskan komputer yang dapat melakukan semua tugas akuntansi standar bagi semua unit organisasi secara terintegrasi dan terkoordinasi.
    Sistem Informasi suatu perusahaan pada umumnya memiliki beberapa aplikasi, antara lain :
    – Aplikasi keuangan,
    – Aplikasi marketing dan Penjualan,
    – Aplikasi Sumber daya manusia,
    – Aplikasi untuk kegiatan operasi.
    Adapun sistem informasi organisasi dari perusahaan mencakup : orang, Fasilitas, teknologi, Media, Prosedur & Pengendalian sehingga dapat memudahkan jalur komunikasi yang dapat memberikan signal manajemen. Tetapi pada umumnya sistem informasi perusahaan disebut juga sebagai Back Office sistem karena umumnya kurang berhubungan dengan lingkungan diluar organisasi, data yang tercakup adalah data internal bagi organisasi yang penting untuk perencanaan dan pengendalian.

  12. Tandra
    April 17, 2008 pukul 09:16

    Organisasi adalah sistem yang saling mempengaruhi dan saling bekerja sama antara orang yang satu dengan orang yang lain dalam suatu kelompok
    untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang telah disepakati bersama.
    Sistem Informasi Organisasi merupakan suatu Enterprise Informasi Sistem.
    Dimana set proses yang dilakukan suatu organisasi mencakup planning,organazing,actuating and controlling.
    Enterprise terbagi 3 bagian:
    1. tugas
    2. intergrasi
    3. koordinasi
    ketika suatu perusahaan sudah memiliki modul-modul umum yakni:
    production planning, integrated logistic, accounting and finance, human resources,
    sales distribution order management and customer employee.
    Dimana setiap modul memiliki karakteristik yang berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhan setiap perusahaan.
    Semua ini tidak terlepas untuk mengambil suatu keputusan yang cepat,tepat dan akurat untuk memenuhi kebutuhan pasar.

  13. Herri Budiman
    April 17, 2008 pukul 09:40

    Sistem informasi organisasi adalah sistem dengan berbasis komputer untuk beberapa aplikasi penggunaan dikantor seperti aplikasi bisnis untuk perusahaan, sumber daya manusia, akutansi, keuangan dan manajemen.

    sistem informasi yang bisa digunakan adalah sistem otomatisasikantor dengan aplikasi word processing, email, voice mail, kalender elektronik, audio dan video, konferensi dan lain-lain dan digunakan untuk tugas-tugas kesekretarisan dimana komunikasi antara manager dan staff diperlukan untuk mencapai produktifitas.

  14. ady riyanto
    April 18, 2008 pukul 10:19

    Kesimpulan tentang Office Automation dan SI Organisasi yang bisa saya berikan adalah sebagai berikut :

    Sistem Informasi Organisasi

    • Suatu sistem berbasiskan komputer yang dapat melakukan semua tugas akutansi standar bagi semua unit organisasi secara terintegrasi dan terkoordinasi.

    • Enterprise mencakup seluruh set proses yang dilakukan oleh organisasi.

    Sistem Informasi menurut level organisasi :sistem Informasi menurut level organisasi

    LEVEL OPERASIONAL :
    Sistem Informasi Akuntansi
    Sistem Informasi Keuangan
    Sistem Informasi Manufaktur
    Sistem Informasi Pemasaran
    Sistem Informasi Sumber Daya Manusia
    Sistem Pemrosesan Transaksi
    Sistem Otomasi Perkantoran

    LEVEL FUNGSIONAL :
    Sistem Informasi Manajemen
    Sistem Pendukung Keputusan
    Sistem Pendukung Kelompok

    LEVEL MANAJERIAL :
    Sistem Informasi Eksekutif
    Sistem Pendukung Cerdas

    • Sistem Informasi Perusahaan disebut juga sebagai Back Office Systems karena umumnya kurang berhubungan dengan lingkungan di luar organisasi.

    • Data yang tercakup dalam Sistem Informasi Perusahaan adalah data internal bagi organisasi yang penting untuk perencanaan dan pengendalian.

    Pengaruh Sistem Informasi pada Organisasi :
    1. Mengurangi biaya transaksi atau pengeluaran.
    2. Mengurangi biaya intern management perusahaan.
    3. Mengurangi biaya akuisisi dan analisa informasi ( biaya agensi ).

    Office Automation System ( OAS )
    Otomatisasi awalnya digunakan dalam pabrik dan selanjutnya menyebar dan mulai digunakan dalam perkantoran. Office Automation System (OAS) mendukung pekerja data, yang biasanya tidak menciptakan pengetahuan baru melainkan hanya menganalisis informasi sedemikian rupa untuk mentransformasikan data atau untuk memanipulasikannya dengan cara-cara tertentu sebelum membaginya atau menyebarkannya secara keseluruhan, dengan organisasi dan kadang-kadang, diluar itu.

    • Office Automation mencakup Sistem elektronik formal dan informal yang berkaitan dengan

    komunikasi informasi ke & dari orang didalam/diluar perusahaan.
    • Digunakan oleh : manajer, professional, sekretaris, & petugas administrasi

    Tujuan otomatisasi perkantoran (OA) adalah untuk :
    – Membantu kegiatan sekretariat dan karyawan administrasi.
    – Meningkatkan produktifitas.
    – Membantu memfasilitasi komunikasi formal dan informal antar karyawan didalam dan diluar

    organisasi serta untuk melayani manajer dan profesional sebagai user.
    – Alat pemecahan masalah .
    – Mengurangi penghentian kerja.
    – Pengurangan biaya peralatan .

    Kerugian dari OA :
    Rasa tidak memiliki .
    Takut kehilangan pekerjaan.
    Semangat kerja yang rendah.

  15. pirmansyah
    April 19, 2008 pukul 08:31

    Tujuan otomatisasi perkantoran (OA) adalah untuk Membantu kegiatan sekertariat dan karyawan administrasi. Menaikkan produktifitas. Membantu memfasilitasi komunikasi formal dan informal antar karyawan didalam dan diluar organisasi serta untuk melayani manajer dan profesional sebagai user Alat pemecahan masalah Mengurangi penghentian kerja Pengurangan biaya peralatan.
    Word Processing
    Berkontribusi pada pemecahan masalah dengan memungkinkan manajer menyiapkan komunikasi tertulis yang lebih efektif
    Elektronik Mail
    Berkontribusi pada pemecahan masalah dengan memungkinkan manajer berkomunikasi secara cepat dan mudah dengan orang lain.
    Surat Elektronik efektif jika tidak diperlukan percakapan 2 arah dan jika jarak jauh
    Voice Mail
    Setiap orang harus mempunyai voice mailbox
    Memerlukan komputer dengan kemampuan menyimpanan pesan audio dalam bentuk digital dan merubahnya kembali jika di panggil
    Manajer tidak perlu men-tik
    Electronic Calendaring
    Penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan mengambil kalender pertemuan.
    E-Calendaring tidang mengkomunikasikan informasi pemecahan masalah

    Audio Conferencing
    (digunakan untuk perusahaan yang tersebar diwilayah yang luas)
    Ada moderator
    Jumlah peserta max. 6
    Mengirim agenda konferensi terlebih dahulu
    Mengidentifikasi diri terlebih dahulu sebelum berbicara
    Rekaman hasil konferensi harus disimpan
    Salinan rekaman dibagikan kepada peserta
    Audio Conferncing merupakan komunikasi sinkron yang mengharuskan para peserta hadir tepat waktu.

    Pencitraan
    Penggunaan karakter secara optik untuk mengubah catatan2 kertas atau microfilm menjadi format digital untuk disimpat ke dalam penyimpanan sekunder.
    Proses pencitraan dilakukan oleh sistem manajemen dokumen. Sistem tsb terdiri dari satu/beberapa unit pengenal karakter (OCR) untuk mengubah citra dokumen menjadi digital. DBMS dalam server jaringan digunakan untuk menyimpan data digital itu dalam piringan optik dan menyediakan citra bagi para pemakai yang mengakses sistem dari workstation mereka.
    Pencitraan digunakan jika dokumen historis perlu ditelaah dengan maksud memahami suatu masalah

  16. April 19, 2008 pukul 08:46

    Sistem Informasi untuk Keuntungan Strategis

    Sistem informasi dapat memainkan peran yang besar dalam mendukung tujuan strategis dari sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan dapat bertahan dan sukses dalam waktu lama jika perusahaan itu sukses membangun strategi untuk melawan kekuatan persaingan yang berupa (1) persaingan dari para pesaing yang berada di industri yang sama, (2) ancaman dari perusahaan baru, (3) ancaman dari produk pengganti, (4) kekuatan tawar-menawar dari konsumen, dan (5) kekuatan tawar-menawar dari pemasok.

    Gambar 3 Lingkungan persaingan dari sebuah industri
    Beberapa strategi bersaing yang dapat dibangun untuk memenangkan persaingan adalah:
    Cost leadership (keunggulan biaya) – menjadi produsen produk atau jasa dengan biaya rendah.
    Product differentiation (perbedaan produk) – mengembangkan cara untuk menghasilkan produk atau jasa yang berbeda dengan pesaing.
    Innovation – menemukan cara baru untuk menjalankan usaha, termasuk di dalamnya pengembangan produk baru dan cara baru dalam memproduksi atau mendistribusi produk dan jasa.

    Tabel 1 Kegunaan dari strategi bersaing untuk menghadapi setiap faktor persaingan

    Konsumen
    Pemasok
    Pesaing
    Pendatang baru
    Pengganti
    Tujuan strategi

    Strategi keunggulan biaya

    Strategi perbedaan

    Strategi inovasi
    Menarik konsumen baru dan mengikat konsumen sekarang dengan switching costs.

    Menawarkan harga yang lebih murah.

    Menyediakan kualitas lebih baik.

    Menyediakan produk baru.
    Mengikat pemasok dengan switching costs.

    Menolong pemasok menurunkan biaya.

    Menolong pemasok meningkatkan pelayanan.

    Menyediakan layanan pasokan yang unik.
    Menghalau pesaing dengan mengikat konsumen dan pemasok.

    Memiliki harga yang lebih rendah dari pesaing.

    Merebut persaingan dengan fitur yang unik.

    Menyediakan produk dan jasa yang berbeda.
    Membuat rintangan untuk memasuki industri.

    Membuat investasi baru tidak menarik.

    Mempersulit masuknya produk baru.

    Memasuki bisnis pendatang baru yang potensial.
    Membuat produk pengganti menjadi tidak menarik.

    Membuat penggantian secara ekonomi tidak mungkin.

    Menyediakan fitur yang ada di produk pengganti.

    Memproduksi produk pengganti.

    Peran Strategis untuk Sistem Informasi

    Sistem informasi manajemen (SIM) dapat menolong perusahaan untuk (1) meningkatkan efisiensi operasional, (2) memperkenalkan inovasi dalam bisnis, dan (3) membangun sumber-sumber informasi strategis.

    1.Meningkatkan efisiensi operasional
    Investasi di dalam teknologi sistem informasi dapat menolong operasi perusahaan menjadi lebih efisien. Efisiensi operasional membuat perusahaan dapat menjalankan strategi keunggulan biaya (low-cost leadership).

    Dengan menanamkan investasi pada teknologi sistem informasi, perusahaan juga dapat menanamkan rintangan untuk memasuki industri tersebut (barriers to entry) dengan jalan meningkatkan besarnya investasi atau kerumitan teknologi yang diperlukan untuk memasuki persaingan pasar.
    Selain itu, cara lain yang dapat ditempuh adalah mengikat (lock in) konsumen dan pemasok dengan cara membangun hubungan baru yang lebih bernilai dengan mereka.

    2.Memperkenalkan inovasi dalam bisnis
    Penggunaan ATM (automated teller machine) dalam perbankan merupakan contoh yang baik dari inovasi teknologi sistem informasi. Dengan adanya ATM, bank-bank besar dapat memperoleh keuntungan strategis melebihi pesaing mereka yang berlangsung beberapa tahun.

    Penekanan utama dalam sistem informasi strategis adalah membangun biaya pertukaran (switching costs) ke dalam hubungan antara perusahaan dengan konsumen atau pemasoknya. Sebuah contoh yang bagus dari hal ini adalah sistem reservasi penerbangan terkomputerisasi yang ditawarkan kepada agen perjalanan oleh perusahaan penerbangan besar. Bila sebuah agen perjalanan telah menjalankan sistem reservasi terkomputerisasi tersebut, maka mereka akan segan utnuk menggunakan sistem reservasi dari penerbangan lain.

    3.Membangun sumber-sumber informasi strategis
    Teknologi sistem informasi memampukan perusahaan untuk membangun sumber informasi strategis sehingga mendapat kesempatan dalam keuntungan strategis. Hal ini berarti memperoleh perangkat keras dan perangkat lunak, mengembangkan jaringan telekomunikasi, menyewa spesialis sistem informasi, dan melatih end users.

    Sistem informasi memungkinkan perusahaan untuk membuat basis informasi strategis (strategic information base) yang dapat menyediakan informasi untuk mendukung strategi bersaing perusahaan. Informasi ini merupakan aset yang sangat berharga dalam meningkatkan operasi yang efisien dan manajemen yang efektif dari perusahaan. Sebagai contoh, banyak usaha yang menggunakan informasi berbasis komputer tentang konsumen mereka untuk membantu merancang kampanye pemasaran untuk menjual produk baru kepada konsumen.

    Tabel 2 Potensi strategi dari sistem informasi

    Peran Strategis sistem informasi
    Hasil potensial dari penggunaan strategi sistem informasi
    Meningkatkan efisiensi operasional

    Memperkenalkan inovasi bisnis

    Membangun sumber informasi strategis
    Meningkatkan produktivitas dan menurunkan biaya operasi.

    Produk atau jasa baru.

    Informasi strategis database.
    Meningkatkan kualitas dan fitur produk serta jasa.

    Pasar dan usaha baru, pengaturan usaha.

    Sumber teknologi informasi strategis dan kapabilitas.
    Meningkatkan proses operasional dan lingkungan kerja.

    Produksi, distribusi, atau proses lain yang baru.

    Sistem Informasi dan Rantai Nilai (Value Chain)

    Konsep dasar lain yang juga penting dalam mengidentifikasi sistem informasi disebut rantai nilai (value chain). Konsep ini memandang perusahaan sebagai sebuah “rantai” dari aktivitas dasar yang menambah nilai suatu produk atau jasa, sehingga memperluas batas dari nilai tersebut.
    Konsep rantai nilai ini dapat membantu manajer dalam memutuskan dimana dan bagaimana menggunakan kemampuan strategis dari teknologi sistem informasi. Jadi sistem informasi dapat digunakan untuk aktivitas bisnis secara spesifik yang membantu perusahaan memperoleh keuntungan strategis di pasar.

    Sistem Informasi Strategis dan End User Manajerial

    Fungsi dari sistem informasi tidak lagi hanya memproses transaksi, penyedia informasi, atau alat untuk pengambilan keputusan. Sekarang sistem informasi dapat berfungsi untuk menolong end user manajerial membangun senjata yang menggunakan teknologi sistem informasi untuk menghadapi tantangan dari persaingan yang ketat. Penggunaan yang efektif dari sistem informasi strategis menyajikan end users manajerial dengan tantangan manajerial yang besar.

  17. firmansyah
    April 21, 2008 pukul 05:59

    Office Automation (OA)
    Office Automation (OA) merupakan aplikasi yang sangat

    membantu sekali dalam melakukan proses bisnis. Sehingga kita

    tidak perlu menggunakan dokumen dalam bentuk hardcopy lagi,

    melainkan dalam bentuk elektronik yang terdapat pada komputer.

    hanya menjalankan tidak harus menggunakan proses manual lagi.
    Banyak kelebihan dan manfaat dengan menggunakan aplikasi ini,

    diantaranya:
    – Dapat beroperasi melalui WAN
    – Open System
    – Terintegrasi dengan Ms. Office
    – Berbasiskan Web
    – dll.
    Jadi intinya Office Automation sangat berguna untuk

    perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan aplikasi yang

    dapat membantu mempercepat proses kerja.

    Sistem Informasi Organisasi
    Sistem Organisasi dari suatu organisasi tidak akan

    pernah dapat diotomatisasikan sepenuhnya atau menyeluruh.

    Namun demikian suatu sistem informasi manajemen sangat mungkin

    dan praktis apabila didasarkan pada rencana keseluruhan yang

    bagus serta dikembangkan oleh personil sistem yang terlatih,

    untuk itu diperlukan partisipasi manajemen dan sumber keuangan

    yang memadai.

    Sistem Informasi yang melayani tugas utama organisasi

    harus bersifat silang fungsional dan harus terus menerus

    diperbaiki demi menjaga kesinambungan efektivitasnya. Tugas

    utama organisasi seringkali dilayani oleh sistem penopang

    keputusan/decision support system (DSS) yang didalamnya berisi

    model, database dan manajer yang berinteraksi langsung.
    Integrasi sistem informasi merupakan salah satu konsep kunci

    dari sistem informasi manajemen. berbagai sistem dapat saling

    berhubungan satu dengan yang lain dengan bebagai cara yang

    sesuai dengan keperluan integrasinya. Sebagian besar

    organisasi akan memperoleh kemanfaat yang besar dari

    meningkatnya derajat integrasi sistem informasi yang mereka

    miliki.

    Integrasi antara manajer dan mesin adalah kaitan

    antara manajer dan mesin, yaitu suatu titik dimana mereka bisa

    saling “berkomunikasi” secara tradisional sistem komputer

    masih sering membuat para manajer “frustasi”, tetapi dengan

    adanya perkembangan baru, seperti bahasa pruduktivitas,

    pelatihan, agaknya cukup membantu memecahkan masalah.

  18. desy..
    April 21, 2008 pukul 12:05

    Beberapa kesimpulan saya mengenai :
    1. Enterprise Information Sistem (EntIS)
    adalah sistem berbasiskan komputerisasi yang penerapannya dapat mempercepat proses pengolahan data menjadi informasi karena penggunaannya yang terkoordinasi dan terintegrasi. Sistem ini dapat digunakan di perusahaan berkembang maupun perusahaan maju karena kelayakan Sistem ini telah teruji mampu membantu perkembangan Perusahaan. Keunggulannya adalah mempercepat pengolahan data menjadi informasi walaupun dengan investasi cukup besar, mampu memberikan standart proses bisnis dalam Perusahaan, membantu bag. operasional dalam penyelesaian pekerjaan dan tanggung jawabnya. Tetapi sebelum memutuskan untuk menggunakan Sistem Informatika Organisasi atau Enterpreneurship Information Sistem,kita sebaiknya mengenal beberapa hal yang penting yaitu :
    a. Kita harus mampu mendefinisikan bisnis proses Perusahaan kita karena pastinya setiap Perusahaan mempunyai bisnis proses yang berbeda-beda.
    b. Kita harus mampu mengenali masalah dan kerumitan Perusahaan.
    c. Kita harus mampu memaksimalkan manfaat bila penggunaan Sistem ini digunakan di Perusahaan kita.

    2. Enterprise Resource Planning (ERP).
    adalah program aplikasi yang memberikan kelebihan dalam penyediaan aplikasi bisnis untuk Perusahaan. Sistem ini memberikan strategi, taktik dan pengurusan bisnis sehingga mampu mencapai tujuan Perusahaan tersebut. Sistem ini berhubungan dengan lingkungan luar Perusahaan berbeda dengan EntIS yang kurang berhubungan dengan lingkungan diluar Perusahaan.

    3. Supply Chain Management (SCM).
    adalah program aplikasi yang memberikan kelebihan dan kemudahan dalam proses perubahan bahan mentah Perusahaan menjadi produk yang dapat disalurkan dan didistribusikan kepada distributor atau supplier. Penerapan SCM akan lebih berguna bila ditunjang dengan menggunakan EDI (Electronic Data Interchange) atau pertukaran data yang dilakukan secara elektronik tanpa menggunakan dokumen kertas.

    4. Customer Relationship Management (CRM).
    adalah program aplikasi yang menyediakan kemudahan dalam mengakses data konsumen baik dalam pelayanan dasar konsumen sampai dengan pengembangan pelayanan bagi konsumen.

    5. Office Automation (OA).
    adalah sistem komunikasi elektronik formal maupun informal yang memberikan informasi kepada orang yang berada di dalam maupun diluar Perusahaan. Sistem ini sangat berguna karena sangat tidak dimungkinkan bila pemecahan masalah Perusahaan harus diselesaikan dengan pertemuan yang malah akan menghabiskan tenaga dan biaya.
    Beberapa aplikasi Office Outomation adalah ;

    a. Word Processing,
    Penggunaan komputer yang menampilkan dokumen dalam bentuk ketikan yang bermanfaat untuk pengiriman data lebih lanjut lagi.

    b. Electronic Mail (E-Mail),
    Penggunaan jaringan komputer yang dapat mengirim dan menyimpan data berkapasitas besar.

    c. Voice Mail,
    Seperti halnya E-Mail, Voice Mail juga dapat mengirimkan pesan namun pesan ini berbentuk suara. Dibutuhkan komputer yang mampu menyimpan pesan audio digital dan mengalihkannya ketujuan pesan tersebut akan dikirim.

    d. Electronic Calendering,
    Penggunaan jaringan komputer yang mampu menyimpan dan mangatur jadwal janji temu Pimpinan.

    e. Audio Conferencing,
    Alat komunikasi yang hanya menghasilkan suara dari pihak satu ke pihak yang lain dalam jarak jauh ataupun dekat.

    f. Video Conferencing,
    Alat komunikasi yang menghasilkan audio maupun audio layaknya televisi dari pihak satu kepihak yang lain dalam jarak terjauh sekalipun sehingga pihak-pihak tersebut dapat melakukan pertemuan layaknya dalam jarak yang dekat atau pertemuan tatap muka.

    g. Computer Conferencing,
    Alat komunikasi melalui komputer dengan jaringan yang luas dan dapat berkomunikasi sampai dengan 40.000 anggota di 40.000 tempat sekaligus, dengan syarat komputer harus telah terhubung satu sama lain.

    h. Teleconferencing,
    Perpaduan yang cukup lengkap antara audio video dan komputer, menghasilkan alat komunikasi ini dapat menghasilkan komunikasi terbaik.

    i. Fax,
    Alat komunikasi yang menghasilkan copy document yang hanya dapat dibaca.

    j. Videotex,
    Penggunaan komputer yang dapat menyimpan dan menampilkan material grafik dan layar CRT.

    K. virtual Office,
    Pekerjaan kantor yang dapat dikerjakan dimanapun dan kapanpun dengan konsekuesi dan tanggung jawab tertentu.
    Beberapa kelebihan penggunaan Virtual Office antara lain:
    1. dapat menurunkan biaya fasilitas,
    2. mampu mengurangi biaya peralatan,
    3. termasuk jaringan komunikasi yang formal dan aman,
    4. mampu memberikan kenyamanan bagi penggunanya karena dapat tetap tinggal dirumah tapi tetap menghasilkan.

    Demikian kesimpulan saya mengenai mata kulian SIM ini, moga bermanfaat, mhn maaf atas segala kekurangan..

  19. hendra
    April 22, 2008 pukul 05:43

    Kesimpulan yang saya berikan :

    Office Automation :

    Terdiri atas semua sistem elektronik formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi kepada dan dari orang yang berada di dalam maupun di luar perusahaan.

    Tujuan OA :
    1. Pendapatan yang lebih tinggi vs penghindaran biaya
    2. Pemecahan masalah kelompok
    3. Kelengkapan, bukan sebagai penggantian

    Komponen OA :
    1. Word Processing
    2. Email & Voicemail
    3. Calendering
    4. Audio conferencing
    5. Video conferencing
    6. FAX
    7. Video tex
    8. Imaging
    9. Desktop Pubhlising
    10. Computer conferencing

  20. ROOSDIANA
    April 23, 2008 pukul 02:06

    Kesimpulan dari OA menurut saya, adalah:

    Aplikasi OA adalah aplikasi yang akan melakukan otomatisasi proses bisnis yang sebelumnya dilakukan secara manual (document driven) berubah menjadi otomatis (electronic driven) sehingga dokumen yang digunakan dalam proses bisnis tidak lagi dalam bentuk hard copy tapi dalam bentuk elektronik.

    *Keunggulan dari OA:
    – Dapat beroperasi secara WAN
    (terhubung mulai dari kantor wilayah
    ke kantor cabang)
    – Penyimpanan dan pengaksesan sumber
    informasi secara real time online
    – Open system atau dapat diintegrasikan
    ke aplikasi lain
    – Aplikasi berbasis Web untuk kemudahan
    akses tanpa dihalangi masalah waktu
    dan tempat
    – Notifikasi dan reminder terintegrasi
    dengan mail system
    – Terintegrasi dengan form MS Office
    – Terintegrasi client data source dan
    server data source

    Pengertian OA lainnya yaitu suatu sistem elektronik formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi kepada dan dari orang yang berada di dalam maupun di luar perusahaan/organisasi.

    Tujuan penggunaan OA:

    – Sebagai suatu kelengkapan yang sudah
    ada bukan sebagai pengganti
    – Sebagai pemecahan masalah kelompok
    – Dengan menggunakan OA pendapatan yang
    dihasilkan lebih tinggi karena sesuai
    dengan integrasinya

    OA memiliki beberapa aplikasi antara lain:

    – word processing
    – Email
    – Computer calendaring
    – audio conferencing
    – video conferencing
    – fax
    – videotex
    – imaging
    – computer conferencing
    – desktop publishing

    Penggunaan aplikasi OA disesuaikan dengan kebutuhan dari Perusahaan/Organisasi itu sendiri, karena setiap perusahaan memiliki bidang yang berbeda-beda.

    Keuntungan Perusahaan menggunakan OA adalah:

    – Service improvement
    Peningkatan pelayanan kepada
    pelanggan dan rekan bisnis lebih
    ditingkatkan karena proses bisnisnya
    tidak secara manual lagi tetapi
    sudah secara otomatis/elektronic
    – Revenue improvement
    Kinerja SDM dapat dimonitor serta
    waktu yang dibutuhkan dalam proses
    suatu pekerjaan menjadi lebih cepat
    – Cost reduction
    Pengurangan biaya operasional
    perusahaan karena semua proses bisnis
    dilakukan secara otomatis
    – SDM improvement
    SDM perusahaan bisa lebih fokus
    terhadap proses bisnis yang sedang
    dikerjakan.

  21. ROOSDIANA
    April 23, 2008 pukul 02:14

    Kesimpulan Sistem Informasi Organisasi menurut saya adalah:

    Sistem yang berbasiskan komputer yang dapat melakukan semua tugas akuntansi standar untuk semua unit organisasi secara terintegrasi dan terkoordinasi.

    Sistem informasi suatu perusahaan/organisasi umumnya memiliki beberapa aplikasi, yaitu:

    – Aplikasi keuangan
    – Aplikasi marketing
    – Aplikasi SDM
    – Aplikasi Manufaktur
    – Aplikasi Inventory

    Tiap-tiap perusahaan/organisasi mempunyai modul-modul umum yang berbeda karakteristiknya yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan/organisasi tersebut.

    Sistem informasi organisasi dikenal juga sebagai back office system karena biasanya sistem ini kurang berhubungan dengan lingkungan luar/eksternal.

    Data-data yang terdapat dalam sistem informasi organisasi merupakan data internal bagi organisasi yang penting dan digunakan untuk perencanaan dan pengendalian suatu perusahaan.

    Sekian kesimpulan dari saya.

    Terima kasih

  22. Yelinda
    April 23, 2008 pukul 02:54

    Sistem informasi organisasi merupakan system yang dapat membantu pekerjaan perkantoran sehari – hari. Dengan system ini banyak kelebihan daripada pekerjaan perkantoran dikerjakan secara manual. Salah satu contohnya adalah data tidak perlu dicatat lebih dari satu kali pencatatan, hal ini tentu lebih hemat dalam biaya dan waktu. Sehingga laporan atau data yang dibutuhkan perusahaan bisa segera diperoleh dan bisa menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan oleh pimpinan karena data tersebut didapat secara akurat. Untuk melaksanakan system informasi organisasi tersebut diperlukan alat pendukung yaitu software. Didalam penggunaan software tentu harus dipertimbangkan software yang mana yang cocok dan diperlukan untuk perusahaan. Dan jangan sampai perusahaan menggunakan software yang tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan. SDM yang memakai system tersebut haruslah memahami software yang digunakan, apabila perlu bisa diberikan pelatihan.
    Office automation (OA) adalah system yang juga dapat membantu dalam pekerjaan perkantoran sehari – hari namun dalam hal ini bukan seperti system informasi organisasi. Dalam hal ini AO lebih kepada mempermudan proses komunikasi dalam penyampaian data antara dua belah pihak, karena informasi merupakan hal yang sangat penting dan harus disampaikan segera kepada orang yang memerlukan informasi tersebut. Oleh sebab itu, diperlukan system yang dapat menyampaikan informasi tersebut secara cepat. Di zaman banyak alat komunikasi yang dapat membantu proses penyampaian informasi antara lain E-mail, fax dan lain – lain. Alat komunikasi selalu berkembang karena didukung oleh teknologi yang selalu berkembang pula.

  23. Mahendra
    April 23, 2008 pukul 12:30

    Menurut kesimpulan saya;
    ~ Sistem Informasi Organisasi ialah suatu sistem berbasiskan komputer di dalam suatu perusahaan yang memiliki aplikasi utama seperti : aplikasi keuangan,penjualan dan marketing,Sumber Daya Manusia,serta aplikasi untuk kegiatan operasional.
    ~ Office Automation ialah suatu sistem elektronik yang berkaitan dengan komunikasi informasi untuk orang yang berada di dalam atupun di luar perusahaan.

    Kedua sistem tersebut berhubungan erat untuk membantu perusahaan yang ingin mengedepankan teknologi untuk membantu kegiatan operasional dan berbagai kegiatan lainnya yang menyangkut kesejahteraan perusahaan.
    Dengan begitu para karyawan dapat lebih efisien dan produktif untuk memajukan kredebilitas dan masa depan perusahaan,serta meningkatkan persaingan antar dunia perusahaan.

  24. wahyu
    April 24, 2008 pukul 04:41

    semua comment-nya ga beda jauh ma saya..

  25. sma2pml
    April 29, 2008 pukul 07:08

    Karno…..
    Assalamualaikum Wr . Wb
    Bismillah, alhamdulillah, wash shalaatu wassalaamu ‘ala rasuulillah.
    Dalam hidup ini tak ada yang lebih kita cintai dari Allah dan Rasul-Nya. Lakal hamdu wasy syukru ya Rabb. Duhai Tuhanku, kepada-Mu hamba bersimpuh, hamba sangat bersyukur telah Engkau anugerahi rasa cinta yang indah ini.
    Rasa cinta yang indah inilah yang membuat kita merasa hidup ini, dengan segala suka dan dukanya.
    Resume Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen (SIM) LP3I Depok
    Oleh : Karno Ganjar. P
    Dosen : Bayu Waseso

    Dilihat dari ruang lingkupnya, pendekatan sistem yang merupakan kumpulan dari elemen – elemen atau komponen – komponen mempunyai definisi yang lebih luas. Karena pada kenyatannya justru sistem dapat terdiri dari beberapa subsistem atau sistem – sistem bagian. Sehingga maksud yang ingin dicapai disini adalah untuk mencapai suatu tujuan (goal). Sedangkan pada prosedurnya mempunyai ruang lingkup yang lebih sempit sehingga maksud yang ingin dicapai adalah untuk mencapai suatu sasaran (objectivies).
    Komponen – komponen dalam suatu sistem tidak dapat berdiri sendiri – sendiri. Komponen – komponen harus saling berinteraksi dan saling berhubungan membentuk satu kesatuan sehingga tujuan atau sasaran sistem tersebut dapat tercapai.
    Meskipun pada semester sebelumnya sudah mendapat gambaran mengenai sistem di perusahaan, tapi saya lebih mendapat gambaran sistem yang real itu pada saat membuat aplikasi dari sistem yang sudah ada, dari aplikasi tersebut saya lebih memahami multisystem yang terdapat pada aplikasi tersebut. Dari membuat aplikasi tersebut, saya banyak mengeluarkan unek-unek kebingunan/error pada saat membuat sistem yang terkadang logika sistem tersebut membuat saya bingung.
    Multi Sistem itulah yang terkadang membuat saya bingung dalam hal integrasi antar sistem, terutama dalam hal “securuty” alur data yang terkadang menurut konsep yang ada itu salah akan tetapi terkadang dalam perusahaan sistem tersebut tersebut lebih cocok dari sistem yang sudah dikembangkan, terutama user yang tidak mau ribet untuk mempelajari sistem yang baru.
    Agar ruang lingkup sistem tidak meluas, kita memerlukan suatu batas sistem (boundary). Batas sistem merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lain atau dengan lingkungan luarnya. Batas sistem ini memungkinkan suatu sistem sebagai satu kesatuan. Lingkungan luar (environment) dari suatu sistem adalah segala hal yang ada diluar batas sistem yang mempengaruhi operasi sistem, baik itu yang menguntungkan maupun yang merugikan. Yang menguntungkan harus dijaga dan dipelihara, sedangkan yang merugikan tentunya harus ditahan dan dikendalikan agar tidak menggangu kelangsungan hidup dari sistem. Suatu sistem dapat mempunyai suatu bagian pengolah yang akan merubah masukan menjadi keluaran. Adapun maksud dari adanya operasi sistem adalah untuk mencapai suatu tujuan (goal) atau sasaran (objectives).
    Dalam SIM, pengolahan informasi selalu berhubungan dengan penggunaan komputer. Memang secara teori, komputer tidaklah harus digunakan di dalam SIM, tetapi pada kenyataanya suatu SIM yang kompleks tidak mungkin dapat berfungsi dengan baik tanpa melibatkan komputer.

    Dari Penjelasan Office Automation (OA), barulah paham apa itu Virtual Office. Setelah saya pahami OA saya jadi ingin mengembangkannya di kantor saya, sedikit demi sedikit saya buat sistem OA saling terintegrasi antar bagian dikantor, misalnya : Chat, Voice LAN dengan WebCam, Monitoring PC antar Karyawan, Aplikasi Reguler & Perpustakan yang sedang saya kembangkan untuk kemudahan para karyawan dalam bekerja akan tetapi saya harus memperhatikan dampak security data para karyawan. Pekerjaan itu sangat menyenangkan apabila kita lakukan dengan berpikir positif dan sebagai bekal investasi kedepan, jangan pernah melihat berapa gaji yang Anda terima, tetapi apa yang bisa Anda berikan pada perusahaan tempat Anda bekerja. Yakinlah kemudahan itu akan datang sesuai besarnya pengorbanan.

    Saran untuk Mata Kuliah SIM :
    1. Perlu diberikan gambaran sistem yang real (dari project yang sudah ada).
    2. Siswa terkadang banyak yang tidak tahu permasalahan pada saat pengembangan sistem, mohon pengalaman-pengalaman trouble dibeberkan semua.
    3. Dalam menentukan “Batasan Sistem” terkadang tak semudah konsep yang diterapkan, akan tetapi bagaimana….???, justru dengan batasan yang dibuat kemungkinan sistem yang dibuat tidak bernilai efisien.

  26. ady
    April 30, 2008 pukul 09:07

    wass,,
    wah kesimpulannya bgus bgt tuch..??!!
    sarannya jga..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: